Ini nih Kekuatan Sosial Media dalam Marketing

Perkembangan teknologi di dunia ini semakin maju. Terlebih pengguna jaringan internet yang ada di dunia saat ini banyak. Kegiatan yang dilakukan menggunakan jaringan internet seperti mencari informasi, bekerja, mencari hiburan, dan yang lainnya. Dengan adanya jaringan internet ini muncul adanya teknologi media sosial. Adanya media sosial ini dapat menghubungkan antara satu orang dengan yang lainnya. Dapat dikatakan bahwa seseorang yang memiliki smartphone pasti memiliki media sosial. Bahkan satu orang saja dapat memiliki lebih dari satu media sosial yang terdaftar. Seperti contohnya media sosial yaitu Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, Line, YouTube, Google+, Pinterest, Path dan yang lainnya. Sehingga dengan adanya media sosial ini banyak hal yang dapat dimanfaatkan. Seperti contohnya media marketing yang potensial. Gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung banyak melakukan aktivitas menggunakan media sosial dapat dimanfaatkan oleh para pemilik usaha. Menggunakan SmartHone menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Untuk itu peluang usaha lebih banyak didapatkan dari adanya jaringan internet ini. Seperti contohnya ketika kita berjualan dengan menggunakan media sosial. Maka proses berjualan akan dapat menyebar dengan cepat dan luas.  Untuk itu memanfaatkan adanya media sosial seperti social media agency Jakarta sangat menguntungkan. 

Dalam  melakukan sebuah pemasaran atau marketing melalui media sosial perlu adanya sebuah strategi. Strategi tersebut dapat digunakan untuk memperbesar peluang kesuksesan dalam pemasaran Anda. Inilah strategi yang dapat Anda terapkan dalam marketing menggunakan media sosial.

1. Selalu Konsisten

Strategi yang pertama yaitu konsisten. Langkah ini harus Anda lakukan terutama bagi Anda yang baru saja menjalankan bisnis baru. Tentu perlu waktu untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Untuk itu perlu sebuah konsisten dalam menjalankan bisnis menggunakan media sosial atau secara online ini. Ada baiknya Anda memasang status secara berkala yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalani tersebut. Menjawab komentar dengan positif dan usahakan tetap aktif akan membuat bisnis Anda menjadi lebih dikenal. Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan yaitu tetap memantau perkembangan media sosial dan tren yang ada. Sehingga bisnis anda tidak tertinggal zaman.

2. Menentukan Target

Strategi yang selanjutnya yaitu menentukan target. Target yang dimaksud yaitu mencangkup banyak hal, seperti target pemasaran, target penjualan, target pendapatan yang harus didapatkan, target pengikut di media sosial untuk pemasaran dan lain sebagainya. Target inilah yang akan membantu bisnis Anda menjadi lebih konsisten. Sehingga Anda dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk melakukan pemasaran sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Dengan menentukan target ini juga Anda dapat menentukan konten apa saja yang cocok untuk Anda publikasikan di media sosial sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

3. Melakukan Perencanaan dan Tujuan

Strategi yang selanjutnya yaitu adanya perencanaan dan juga tujuan. Dalam menjalankan bisnis menggunakan sarana media sosial tentu harus ada ide-ide yang kreatif dan juga inovatif. Hal ini akan menunjang bisnis Anda menjadi lebih maju. Seperti Anda harus lebih kreatif dalam memuat konten yang akan Anda upload di media sosial. Bervariasi antaranya hari pertama, hari kedua, dan hari-hari selanjutnya tidak harus sama. Karena akan menjadikan monoton dan membosankan.  Dengan menempatkan  konten yang sesuai dengan trend yang ada di masyarakat akan lebih menarik perhatian. Selain itu Anda juga bisa menarik perhatian masyarakat dengan memberikan diskon-diskon atau harga khusus dalam beberapa waktu untuk mengenalkan produk atau bisnis yang Anda tekuni.

4. Membuat Akun Khusus

Strategi yang berikutnya yaitu membuat sebuah akun khusus. Ada baiknya ketika Anda melakukan pemasaran menggunakan media sosial Anda memiliki akun khusus yang tidak tercampur dengan akun pribadi. Meski nantinya akun pribadi Anda dapat membantu promosi atau menyebarkan bisnis yang di share oleh akun khusus Anda tersebut. Anda bisa membuat akun yang bersifat resmi dan jelas. Sehingga lebih meyakinkan masyarakat. Menggunakan nama dari bisnis Anda dan selalu mengupdate bisnis yang Anda jalankan tersebut.

5.  Mengiklankan Bisnis

Strategi dalam pemasaran menggunakan media sosial yang sangat ampuh yaitu melakukan iklan atau promosi. Dengan menggunakan strategi periklanan ini maka bisnis yang Anda jalankan akan lebih dikenal oleh masyarakat.

6. Melakukan Evaluasi

Setelah melakukan semua strategi yang sudah disebutkan di atas perlu adanya evaluasi. Hal ini akan membantu Anda mengetahui seberapa besar perkembangan yang sudah Anda lakukan. Dengan begitu kedepannya akan menjadi lebih baik lagi. Itulah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan. Melakukan pemasaran menggunakan media sosial memang sangat banyak menguntungkan. Terlebih saat ini penggunaan media sosial semakin meningkat setiap tahunnya. Untuk itu menjalankan strategi dengan sungguh-sungguh akan meningkatkan pemasaran bisnis yang Anda jalankan.