Beli Elektronik : Pilih Hemat Sekarang Atau Nanti?

Kemajuan zaman berjalan seiringan dengan makin berkembangnya dunia elektronik di seluruh dunia.  Teknologi, informasi dan komunikasi yang makin maju membuat masyarakat modern menjadi lebih konsumtif. Selain konsumtif masyarakat modern juga lebih menekankan pada keefisienan sebuah benda.

Semakin efisien suatu benda maka benda tersebut akan semakin dicari. Semakin pintarnya mangsa pasar di dunia membuat para produsen berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi yang mampu bersaing di pasar internasional. Mangsa pasar yang makin selektif juga menjadi poin penting para produsen memproduksi suatu barang. Tidak hanya industry besar yang makin mengembangkan perangkat elektronik mereka akan tetapi produsen yang mengembangkan alat-alat rumah tangga pun tak mau kalah bersaing dalam industry elektronik yang bisa dibilang berada pada masa kejayaannya.

Barang-barang rumah tangga yang selalu menghasi tiap rumah adalah televisi, laptop, kulkas dan alat-alat elektronik lain yang hampir selalu menjadi bagian dari kegiatan rumah tangga setiap masyarakat modern saat ini. para staff marketing berlomba-lomba untuk memasarkan produk terbaik mereka agar diterima di pasaran, mulai dari televise, telepon seluler pintar hingga kulkas terbaik mereka.

Pola hidup konsumtif dari masyarakat modern mendorong terciptanya inovasi baru yang makin maju. Beragamnya pilihan barang yang sesuai dengan kebutuhan masayarakat era sekarang membuat para konsumen harus bisa teliti dalam memilih dan memilah barang mana yang kiranya cocok dengan mereka. Selain efeisien dan ekonomis barang elektronik yang makin banyak jumlahnya juga membuat konsumen harus ektra selektif. Tidak hanya melihat gengsi tapi juga harus menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi dari masing-masing konsumen. Patokan dalam membeli elektronik harus lah sesuai dengan kebutuhan. Industry yang makin berkembang membuat munculnya barang-barang jenis baru yang akan membuat para konsumen tertarik untuk membeli.

Makin beragam alat elektronik yang beredar, makin beragam pula harga yang ditawarkan. Fitur yang ditawarkan makin canggih. Makin banyak kegunaan dan manfaat yang diberikan makin banyak pula peminat yang bersedia membeli untuk benda tersebut. Membeli elektronik apakah akan berhenti sampai dimana mereka membayar dan membawa pulang hal tersebut, jawabannya adalah tidak. Membeli lektronik bererti kita berkomitmen untuk terus membayar sampai akhir, atau sampai alat itu tidak digunakan lagi.

Alat elektronik pastilah harus disambungkan dengan daya listrik. Banyak produsen yang semakin mengembangkan peralatan elektronik mereka supaya lebih hemat listrik. Adapula yang mengedepankan harga murah akan tetapi konsumsi listrik sangat boros. Konsumen harus pintar pintar memilih barang agar tidak merugi. Selain dari segi harga, daya tahan alat elektronik yang sudah teruji akan mampu membuat konsumen lebih hemat. Pengeluaran untuk alat elektronik pun akan semakin sedikit dan hal itu akan menguntungan bagi para konsumen.

Masyarakat yang konsumtif dan mengedepankan gengsi menjadi mangsa pasar yang sangat menguntungkan bagi para produsen. Lingkungan masyarakat kelas menengah kebawah yang ingin diakui dikelas sosial akan membeli barang elektronik dengan harga murah tanpa melihat kualitas dan fitur pada barang tersebut. Masayarakat ekonomi menengah ke bawah akan lebih menunjukan kemampuan mereka dalam membeli barang-barang elektronik terbaru tanpa mementingkan kegunaan dan manfaat barang tersebut. 

Berbeda hal nya dengan masayarakat dengan ekonomi menengah ke atas. Mereka membeli barang atas dasar kebutuhan dan manfaat. Mereka membeli fitur canggih pada barang elektronik dengan harga yang sesuai dengan kualitas. Masayarakat kelas menengah kebawah membeli barang elektronik agar diakui pada lingkungan sosialnya. Barang elektronik yang murah memakai daya yang lebih besar dan fitur yang kurang menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Sehingga melakukan pembelian barang yang tidak sesuai kebutuhan akan membuat konsumen masayarakat kelas bawah mengeluarkan biaya bulanan lebih tinggi di banding dengan alat elektronik yang sudah memeiliki fitur hemat energy pada alat elektronik dengan harga yang lebih mahal. Fitur yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern membuat konsumen kelas menengah ke atas menjadi lebih hemat setiap bulan. Pengeluaran untuk fitur lain tidak perlu dikeluarkan karena mereka bisa melakukannya dengan satu alat yang sama. Jadi lebih memilih hemat sekarang atau nanti?