Bagaimana Cara Investasi Emas?

Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi emas, berapa pun harga emasnya. Hal ini karena emas relatif kebal terhadap dampak inflasi, penurunan nilai mata uang, dan fluktuasi global. Maka wajar jika investasi emas ini sangat menarik untuk dilakukan. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi satu langkah praktis yang perlu Anda lakukan adalah cek grafik harga emas hari ini, baik online seperti lewat aplikasi cek harga saham emas, maupun datang langsung ke toko emas atau perhiasan. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, maka cobalah untuk investasi tidak lebih dari 20% dari aset yang Anda miliki. Anda bisa berinvestasi dalam bentuk emas fisik dengan cara membeli langsung ke toko emas, atau membeli emas secara tidak langsung dengan berinvestasi dalam saham emas.

Membeli Emas Fisik

Putuskan berapa banyak uang yang ingin Anda investasikan.

Emas biasanya merupakan bagian kecil dari keseluruhan kekayaan Anda. Usahakan untuk berinvestasi tidak lebih dari 20% dari uang yang Anda miliki. Hal ini agar resiko yang Anda hadapi tidak terlalu banyak. Jika Anda hanya mempunyai sedikit uang untuk diinvestasikan, usahakan investasi 3 sampai dengan 10% saja.

Temukan dealer emas terpercaya

Penting sebelum Anda membeli emas untuk mencari dan menemukan dealer yang telah ditinjau atau didukung oleh pemerintah. Hal ini semata-mata untuk keselamatan Anda, mengingat saat ini ada banyak penipuan. Jadi periksa dengan cermat dan teliti kredibilitas dealer yang akan Anda gunakan.

Membeli Emas Batangan

Jika Anda ingin menginvestasikan sejumlah besar uang Anda dalam bentuk emas, membeli emas batangan mungkin lebih sederhana daripada perhiasan. Pembelian akan lebih mudah dan emas akan lebih mudah untuk disimpan dan dilacak. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Ingatlah bahwa emas batangan seringkali sulit untuk dijual.
  • Sejak 2013, harga emas batangan 1 kg (2.2 lb) berfluktuasi sekitar $35.000 dan $45.000.

Gunakan uang tunai atau transfer bank

Demi keamanan sebagian besar pedagang emas tidak menerima kartu kredit. Maka jika Anda tidak memiliki cukup uang tunai, Anda bisa transfer lewat bank untuk membayar emas yang hendak Anda beli, tentunya setelah ada kesepakatan dengan penjual.

Simpan emas Anda di brankas bank atau brankas rumah agar tetap aman.

Setelah Anda memiliki emas fisik, Anda harus melindungi investasi Anda dari kehilangan atau pencurian. Cara terbaik untuk menjamin keamanan emas Anda adalah dengan menyewa brankas di bank. Apabila Anda memutuskan untuk menyimpan emas di rumah maka belilah brankas atau kotak penyimpanan yang benar-benar bagus, agar ketika terjadi perampokan atau keadaan darurat lainnya, emas-emas Anda tetap aman.

Berinvestasi Emas Secara Tidak Langsung

Membeli dana yang diperdagangkan di Bursa Emas untuk Investasi sederhana dan murah.

Dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF) atau exchange traded fund adalah dana yang dikelola oleh para ahli emas. Ada banyak ETF, tetapi semuanya melibatkan pembelian saham dengan kepemilikan emas, artinya Anda memiliki emas secara tidak langsung. Untuk itu cari berbagai Jenis ETF dan teliti dengan baik, apakah ETF tersebut layak untuk Anda.

Investasi di bursa Emas

Emas yang diperdagangkan di bursa emas (ETN Emas) adalah investasi berjangka yang menetapkan pengembalian berdasarkan kinerja pasar berjangka saat uang Anda diinvestasikan. Anda akan mendapatkan untuk secara signifikan atau kehilangan semua uang Anda karena mereka tidak menawarkan perlindungan pokok. Untuk itu berhati-hatilah ketika ingin investasi di bursa emas.